Sabtu, 07 Januari 2017

Mana Yang Lebih Baik? Google Translate Atau Microsoft Translator?

Bagi anda para pelajar atau mahasiswa. Tentunya anda sering menggunakan aplikasi translator bahasa asing untuk menunjang pengetahuan anda pada bahasa asing. Ada banyak aplikasi penerjemah online yang ada di internet. Diantaranya adalah Google Translate dan juga Microsoft Translator.

Masing-masing aplikasi tersebut memang banyak membantu orang dan juga memudahkan banyak orang dalam memahami bahasa asing. Seiring dengan berkembangnya zaman, kedua aplikasi ini bisa menerjemahkan gambar, teks dan juga ucapan. Pastinya masing-masing aplikasi ini memiliki kelebihan dan juga kekurangan. lalu mana yang lebih baik? berikut ulasanya.

Google Translate vs Microsoft Translator
Mana Yang Lebih Baik? Google Translate Atau Microsoft Translator?

Pastinya anda sudah tahu jika Google translate ini merupakan layanan penerjemah online yang bisa digunakan pada banyak perangkat. Google Translate bisa digunakan pada Android,iOS dan juga melalui browser.Google Translate bisa menerjemahkan teks, gambar dan juga pidato real-time. Google Translate juga bisa menerjemahkan video real-time pada bahasa tertentu.


Sementara Microsoft Translator ini merupakan aplikasi penerjemah online yang dibuat oleh Microsoft. Microsoft Translator bisa digunakan melalui browser atau aplikasi windows, android, iOs dan Apple Watch. Microsoft Translator ini juga bisa menerjemahkan teks, pidato real-time dan juga gambar.

Perbandingan Keduanya

Tentunya mesin penerjemah bukan hanya diukur dari jumlah bahasa yang didukung, tetapi juga kualitas dari hasil terjemahanya. Saat ini Google Translate sudah mendukung 103 bahasa di seluruh dunia, dimana Microsoft Translator sendiri hanya mendukung 54 bahasa saja. Tetapi di Google translate tidak semua bahasa mempunyai tingkat dukungan yang sama. Tidak semua bahasa juga memiliki fitur dukungan yang penuh.

Mana Yang Lebih Baik? Google Translate Atau Microsoft Translator?

Contoh kecilnya adalah Bahasa Indonesia di Google translate yang sudah bisa menerjemahkan teks, gambar dan juga video real-time. Tetapi bahasa Nigeria hanya bisa menerjemahkan teks saja.

Sementara untuk Microsoft translator memang hanya bisa menerjemahkan 53 bahasa saja, tetapi semua bahasa tersebut memiliki kedudukan yang sama, alias memiliki dukungan yang penuh. Semua bahasa di Microsoft translator bisa untuk menerjemahkan pidato secara real-time, gambar dan juga teks. Selain itu Microsoft translator juga bisa digunakan fitur offline secara full, berbeda dengan Google Translate yang hanya bisa mendukung setengah saja.

Lalu Mana Yang Lebih Baik?

Mana Yang Lebih Baik? Google Translate Atau Microsoft Translator?
Harus diakui juga Google Translate saat ini masih menjadi mesin penerjemah terbaik. Tetapi karena Micorosft Translator atau Bing sudah memperbarui atau melakukan banyak Update, Microsoft Translator bisa mengejar ketertinggalan dari Google Translate. Bahkan juga bisa dibilang saat ini keduanya hampir memiliki fungsi yang cukup sebanding.

Keduanya juga sama-sama memiliki fitur unggulan. Dimana Google Translate memiliki keunggulan penerjemah video secara real-time. Sedangkan untuk Microsoft Translator memiliki fitur unggulan yaitu Mode Percakapan secara real-time. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dari masing-masing mesin penerjemah ini. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon